Latest News

Sekilas Ihwal Sejarah Musik Jazz Di Dunia

 sejarah lampau atau nenek moyang dari musik jazz yaitu berupa urban musik SEKILAS TENTANG SEJARAH MUSIK JAZZ DI DUNIA
Menurut history, sejarah lampau atau nenek moyang dari musik jazz yaitu berupa urban musik, yaitu yg berasal dari tempat pedesaan di selatan layaknya jalanan di kota-kota Amerika. Hal ini merupakan hasil dari dua tradisi musikal yg nyata, yaitu Afrika Barat dan Eropa.

Berdasarkan definisinya, Jazz ([Jes]) yaitu fatwa musik yg berasal dari Amerika Serikat pada awal kurun ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz yaitu blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.(Wikipedia.org)

Afrika Barat mengatakan efek dalam jazz berupa ritme yg terus menerus, pergerakan, dan permainan emosi yg sangat menyokong jazz dengan baik. Sedangkan bumbu-bumbu Eropa lebih mempengaruhi dalam hal kualitas musikal yg terkait dan bersinggungan dengan harmoni dan melodi dari musik yg menjadi cikal bakal irama jazz.

Gabungan kedua tradisi ini menghasilkan suatu musik yg bermain dalam suatu meteran dan me-reinterpretasi-kan penggunaan nada-nada dalam kombinasi baru, membuat nada-nada biru yg mengekspresikan perasaan, baik murung maupun ceria. Teriakan peladang/budak dikombinasikan dengan bunyi-bunyi style musisi New Orleans, menghasilkan suatu jenis musik baru.


Musik Gospel dari gereja melumer dengan yg dikenal pada kurun 20 sebagai "blues" , mengatakan bumbu vokal yg diterjemahkan dengan baik ke dalam instrumen.

Marching Bands, yg dimainkan tidak hanya oleh orang-orang kulit putih tapi juga orang kulit hitam, memperkenalkan instrumen-instrumen yg sebaliknya telah menjaga suatu mulut dari tradisi musik klasik. Drum dan alat musik petik berkombinasi dengan terompet, trombon, tuba, dan saxophone.

Musik dari Afrika Barat dan musik yg diciptakan oleh para budak diterjemahkan dengan metode tidak sama oleh efek Karibia dan alunan Latin. Dan apa yg kesudahannya menjadi lagu terkenal yaitu disertai unsur Gospel, Blues, dan Field Hollers (teriakan peladang), menambah suatu tekstur yg kaya terhadap musik yg dunia tidak pernah mendengarnya sebelumnya. Dunia musik Amerika, menjadi matang dengan transformasi tersebut yg bakal menjadi musik jazz. Pada akhirnya, ragtime memasuki pergerakan ini mendekati tamat kurun 19, dan sisanya, layaknya mereka katakan, telah menjadi sejarah dan perjalanan dari musik jazz selanjutnya.

Sumber :
- Wikipedia.co.id
harrywardana.net

0 Response to "Sekilas Ihwal Sejarah Musik Jazz Di Dunia"

Total Pageviews