Latest News

Pengertian Dan Perkembangan Seni Musik

Alat Musik Angklung
Hidup terasa lebih indah Jika diwarnai dengan musik. Musik tidak pernah lepas dari denyut nadi kehidupan insan di dunia. Apakah seni musik itu?..seni musik yakni satu cabang seni yg menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi, perasaan atau isi hati dari seseorang. beberapa orang beranggapan bahwa musik tidak berwujud sama sekali, namun musik sanggup dirasakan melalui pendengaran, sehingga bisa memperlihatkan ransangan kepada jiwa kita tergantung dari musik yg di dengarkan.

Seni musik yakni Keliru satu cabang seni yg menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik dikala ini telah menjadi Keliru satu sarana hiburan terpopuler seiring dengan perkembangan teknologi dikala ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dari alat musik dan beberapa menggunakan olah vokal. Dalam bahasa Inggris, “seni” disebut art dan “musik” disebut music.

Pengertian Seni Musik

1. Definisi Seni Musik

Seni musik berasal dari dua kata, yaitu “seni” dan “musik”. Seni yakni hasil cipta, rasa, dan karsa insan yg diwujudkan dalam aneka macam sarana. Sedangkan musik yakni hasil pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo. Jadi, setrik harfiah seni musik yakni hasil cipta, rasa, dan karsa mausia yg diwujudkan dalam olahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.

Tidak ada Makna kata seni musik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun terdapat Makna kata seni bunyi yg mempunyai makna paling akrab dari seni musik. Makna kata seni bunyi berdasarkan KBBI yakni seni olah bunyi atau bunyi (nyanyian, musik, dsb).

2. Asal Mula Kata Seni Musik

Etimologi kata “seni” berasal dari bahasa Sansekerta yg berMakna “penyembahan, pelayanan, pemberian”. Ada juga yg menyampaikan bahwa asal mula istila “seni” berasa dari bahasa Belanda genie yg berasal dari bahasa Latin yg berMakna “jenius”.

Sedangkan etimologi kata “musik” berasal dari bahasa Inggris music yg berasal dari bahasa Yunani mousikê. Mousikê merujuk kepada semua seni yg dipimpin oleh Muses yg berupa musik dan puisi.

3. Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Saya sengaja bedakan pengertian seni musik dan pengertian musik. Banyak sekali para mahir yg mencoba memperlihatkan pengertian seni musik berdasarkan pandanganya masing-masing. Keliru satunya yakni Suhastjarja. Pengertian seni musik berdasarkan Suhastjarja yakni pengungkapan rasa keindahan seorang insan yg diwujudkan di dalam nada atau bunyi yg pada hasilnya menghasilkan ritme dan harmoni.

Di periode millenium ini, dijaman globalisasi dan transfaransi  ini seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari kalangan masyarakat pecinta musik yg Keliru dalam menafsirkan tujuan dari seni musik, musik yg di maksud masyarakat modern kini yakni sebagai bentuk dari hura-hura dan ungkapan kebrutalan semata, sehingga hal ini menimbulkan gambaran dari seni musik kurang baik.
perlu kita ingat bahwa tujuan seni musik yakni untuk kebutuhan batin , sehingga di sini kita meng Maknakan fungsi seni musik sebagai kebutuhan batin yg bernilai luhur.


Tujuan Dan Perkembangan Seni Musik

Menurut pengertian dan definisinya, seni musik terbagi menjadi dua jenis yaitu seni musik modern dan tradisional , diantara jenis jenis seni musik Keliru satu yg sering kita lupakan yakni jenis seni musik tradisional, dalam ditengah pesatnya kemajuan dalam aneka macam aspek kehidupan, keindahan tidak lagi menjadi tujuan yg paling penting dalam berkesenian. padahal jenis seni musik tradisional mempunyai nilai-nilai yg menempel dari aneka macam sudut pandang yakni yg meliputi nilai keindahan, nilai pengetahuan dan nilai kehidupan.

Namun sangat disayangkan sekali dalam zaman yg semakin modern ini, nilai nilai dari seni musik tradisional mulai terlupakan. perkembangan seni musik dikala ini memang sudah tidak berada dalam jalurnya.

untuk perkembangan seni musik di indonesia sendiri pada zaman modern ini, banyak sekali para tokoh seni musik yg berlomba-lomba dalam mengkombinasikan karya mereka sesuai dengan kemajuan pasar musik di indonesia. mulai dari mengikuti perkembangan zaman dengan membuat karya baru. bahkan ada juga yg memvariasikan musik tradisional dan mengubah segala bentuk ritme nya kedalam bentuk seni musik moden. sehingga dari karya seni musik nya tidak lagi menerangkan nilai keindahan dan terlihat tidak tampak natural.

Demikian Maknakel ihwal seni musik ini, supaya bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita ihwal musik ini. terimakasih


Sumber : di rangkum dari aneka macam sumber.

referensi :
  • Buku; Musik: Pendidikan, Budaya dan Tradisi, penulis  Erie Setiawan, penerbit HIPKI Yogyakarta
  • Buku; The Basics of Music Theory Grade 1, penulis Lee Cheng cin 
  • Buku; Terampil Bermain Musik  untuk Kelas IX SMP, Penulis Fasih Subagyo, Penerbit TS


0 Response to "Pengertian Dan Perkembangan Seni Musik"

Total Pageviews